Minggu, 04 Februari 2018

Makanan Dan Minuman Khas Kota Mojokerto











 


       Mojokerto adalah salah satu kota yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Hanya berjarak 50 km barat daya dari salah satu kota terbesar di Indonesia yaitu Surabaya. Salah satu yang membuat Mojokerto terkenal adalah makanan khasnya.
Mojokerto memiliki banyak sekali makanan khas, tidak hanya makanan khas Mojokerto saja yang menjadikan terkenal nya Mojokerto di pribumi Indonesia, akan tetapi sejarah yang ada pada pada Mojokerto itu sendiri.         Bahkan di Mojokerto mempunyai wilayah sejarah pusat pemerintahan kerajaan terbesar dan terluas di Indonesia. Karena itulah Kota Mojokerto mempunyai makanan khas yang beragam dan pastinya enak.





Onde-onde khas Mojokerto

 

Salah satu makanan dan jajanan yang menjadi khas Kota Mojokerto adalah onde-onde, ya, makanan yang satu ini sudah banyak beredar hampir di seluruh penjuru Indonesia. Kamu pasti sudah pernah mencobanya bukan?
Onde-onde sendiri adalah makanan khas Mojokerto yang terbuat dari tepung ketan yang membentuk seperti bola, onde-onde di dalamnya berisi kacang hijau. Pada bagian luarnya onde-onde ditaburi wijen dan sangatlah pas jika dihidangkan saat masih hangat.
Asal Usul Onde-onde

Menurut beberapa sumber sejarah yang ada, Onde-onde ini awalnya berasal dari Negeri Tiongkok. Kemudian dibawa ke Indonesia pada masa Kerajaan Majapahit oleh laksamana dari Negeri Tiongkok yang berkunjung ke Kerajaan Majapahit. Hingga akhirnya makanan ini sering disajikan sebagai menu kue di istana dan mulai berkembang dimasyarakat majapahit pada saat itu. 

Pada awalnya Onde-onde yang dibawa dari Negeri Tiongkok itu berbeda dengan Onde-onde yang ada di Indonesia saat ini. Awalnya Onde-onde ini hanya berisi pasta gula merah saja dan rasanya manis. Namun di Indonesia sendiri Onde-onde ini kemudian dimodifikasi dengan penambahan kacang hijau sehingga memiliki rasa yang sedikit gurih dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Pengolahan Onde-onde

Onde-onde ini terbuat dari campuran kacang hijau dan gula merah dan dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung ketan dan taburan wijen. Dalam proses pengolahannya, pertama kacang hijau dikukus dan dihaluskan. Lalu dimasak dan dicampur dengan campuran gula hingga adonan rata dan dapat di bentuk bulat. Kemudian dibungkus dengan kulit yang terbuat dari campuran tepung ketan dan dilumuri dengan wijen. Setelah itu kemudian digoreng dalam minyak yang banyak dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Cita Rasa Onde-onde

Onde-onde di Mojokerto ini memiliki cita rasa yang khas dan sedikit berbeda dengan Onde-onde lainnya. Salah satu keistimewaan Onde-onde Mojokerto ini adalah kulitnya yang kenyal, sehingga menimbulkan sensasi tersendiri saat kita memakannya. Selain itu perpaduan rasa manis isi onde – onde dan rasa gurih dari wijen memberikan kenikmatan  tersendiri pada makanan tradisional satu ini.

Tempat Kuliner Onde-onde

Onde-onde ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Mojokerto dan menjadi icon kuliner disana. Onde-onde ini sangat mudah kita temukan disana, karena hampir di setiap jalan besar disana banyak warung yang menjajakan onde – onde ini. Selain bisa dimakan di sana, kita juga bisa menjadikannya sebagai oleh – oleh. 

Onde-onde ini biasanya dijual dalam keadaan hangat atau habis digoreng, sehingga terjaga kualitasnya. Karena bila sudah terlalu lama akan menjadi lembek dan cenderung alot. Selain isi kacang hijau, penjual biasanya juga menyediakan rasa lain seperti rasa keju, rasa gula dan lain – lain. Untuk harga Onde-onde ini realatif murah sehingga tidak telalu menguras dompet kita. Nah bagi anda yang berkunjung dan berwisata ke Mojokerto, tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati dan membawa pulang makanan tradisional satu ini.



Kerupuk Rambak Khas Mojokerto



  Sumber : Http://Pengusaharambak.Blogspot.Com/
Makanan Khas Mojokerto Selanjutnya Adalah Kerupuk Rambak. Kerupuk Rambak Adalah Kerupuk Yang Terbuat Dari Kulit Sapi Yang Sudah Dikeringkan Terlebih Dahulu Lalu Diolah Dan Dijadikan Kerupuk.
Kerupuk Rambak Paling Banyak Dihasilkan Dari Desa Doas, Kecamatan Trowulan Dan Desa Kauman, Kecamatan Bangsal. Kerupuk Rambak Ini Cocok Buat Menemani Perjalanan Kamu Ketika Bepergian. Kerupuk Rambak Ini Banyak Di Jual Di Pinggir Jalan.
Selain Kamu Dapat Membelinya Di Banyak Tempat Kamu Juga Dapat Langsung Membuatnya Sendiri Di Rumah. Kerupuk Rambak Khas Mojokerto Asli Dibuat Dari Kulit Sapi Pilihan, Tanpa Bahan Pengawet Maupun Bahan Kimia Lainnya.

Cara Pembuatan Krupuk Rambak Khas Mojokerto

Bahan:
·                     1 Kg Kulit Sapi
·                     Secukupnya Minyak Goreng
·                     Secukupnya Air Kapur

Bumbu Yang Dihaluskan:

·                     15 Siung Bawang Putih
·                     3 Sendok Makan Garam   
·                     2 Sendok Makan Gula Pasir

Cara Membuat :

1.    Potong-Potong Kulit Sapi, Lalu Rendam Ke Dalam Air        Kapur Selama Kurang Lebih 2 X 24 Jam.
2.    Angkat Dan Bersihkan Dari Bulu-Bulunya Menggunakan Pisau. Jemur Di Bawah Sinar Matahari Hingga Kering. Angkat Dan Potong-Potong Sesuai Selera
3.    Campurkan Bumbu Halus Dengan Kulit Sapi. Aduk Rata.
4.    Goreng Potonagn Kulit Sampai Matang, Angkat Dan Tiriskan.

Kerupuk Upil Khas Mojokerto

 

sumber : http://krupuk-melarat.blogspot.co.id/
Nah, satu lagi kerupuk yang menjadi makanan khas Mojokerto yaitu kerupuk upil, kerupuk yang satu ini bukanlah kerupuk yang berbahan utama upil (kotoran hidung). Masa iya kotoran hidung dijadikan sebagai makanan lagi.
Disebut dan diberi nama kerupuk upil karena pada proses penggorengan atau pematangan kerupuk ini tidak menggunakan minyak goreng apa lagi minyak tanah. Untuk menggoreng kerupuk ini digunakan pasir sebagai media penggorengan, kerupuk upil sangat serasi jika disandingkan dengan sambal petis.


Sambal Wader Khas Mojokerto

Sumber : Http://Www.Kabarmojokerto.Com/
Siapa Yang Sangka Bahwa, Sambal Wader Juga Merupakan Salah Satu Makanan Khas Mojokerto Yang Enak Dan Selalu Di Hidangkan Setiap Kali Makan. Sambal Wader Adalah Sambal Yang Berbahan Utama Ikan Wader. Ikan Wader Adalah Ikan Yang Hidup Di Air Tawar Biasanya Masyarakat Mojokerto Mecari Ikan Wader Di Sungai Ataupun Membudidayakannya.
Sangat Mudah Dan Simpel Untuk Mengolah Ikan Wader Yang Nantinya Akan Di Jadikan Sebagai Sambal Penyempurna Makan. Resep Membuat Sambal Wader Adalah Sebagai Berikut :
Bahan Bahan :
§  Setengah Kilo Ikan Wader Segar
§  Nasi Hangat
§  Terong Goreng
§  Kacang Panjang
§  Mentimun Dan Seledri
Bumbu Halus Untuk Ikan Wader :
§  Satu Sendok Makan Ketumbar
§  1 Ruas Jari Kunit Dan Jahe
§  4 Siung Bawang Putih
§  Garam
Bumbu Sambal :
§  4 Siung Bawang Merah
§  2 Siung Bawang Putih
§  1 Buah Jeruk Limau Segar
§  2-3 Kemiri Di Bakar
§  Setengah Sendok Teh Terasi Bakar
§  7-8 Buah Cabai Rawit Segar
§  2-3 Tomat Besar
§  3-4 Cabai Merah Panjang
§  Garam Dan Gula Pasir Secukup Nya
Cara Membuat Sambel Wader :
§  Bersihkan Kotoran Yang Ada Pada Ikan Wader Kemudian Cuci Sampai Bersih
§  Lalu Haluskan Semua Bahan Bumbu Halus, Kalau Bisa Memakai Cobek Saja Jangan Menggunakan Blender Agar Rasa Nya Lebih Sedap
§  Kemudian Rendam Ikan Pada Bumbu Halus 5-8 Menit Agar Meresap
§  Siapkan Minyak Kemudian Panaskan, Lalu Angkat Ikan Dari Rendaman Kemudian Goreng Sampai Renyah
§  Goreng Terasi Lalu Siapkan Semua Bahan Sambal Kemudian Haluskan Memakai Cobek
§  Jika Sudah Halus Uleg Ikan Yang Sudah Matang Sampai Rata Dengan Bumbu Sambal Yang Sudah Halus Kemudian Tambahkan Perasan Jeruk Limau



Minuman Khas Mojokerto Es Gronjongan Majapahit

 

Sumber : Https://.Googleusercontent.Com

Es Gronjongan Majapahit Merupakah Salah Satu Minuman Khas Mojokerto Yang Sampai Saat Ini Keberadaannya Dan Kepopularannya Masih Meningkat. Es Gronjongan Majapahit Ini Sangat Laku Dan Sangat Banyak Diminati Pembeli Saat Bulan Ramadhan, Karena Es Gronjongan Majapahit Sangat Pas Untuk Berbuka Puasa.
Es Gronjongan Ini Dijadikan Minuman Khas Mojokerto Karena Sudah Ada Sejak Dahulu, Biasanya Isi Es Gronjongan Majapahit Ini Ada Agar-Agar Yang Sudah Dipotong Kotak-Kotak, Santan Yang Sebelumnya Direbus Dengan Daun Pandan, Sirup, Dan Es Batu. Minuman Khas Mojokerto Ini Bisa Dijadikan Sebagai Minuman Penutup.
Es Cendol Minuman Khas Mojokerto 
Sumber :Https://Www.Pegipegi.Com/

Cendol merupakan minuman khas Sunda yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe, namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol.
Tepung beras diolah dengan diberi pewarna hijau dan dicetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda, cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sunda, minum cendol disebut 'nyendol'.
Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai disajikan disiang hari.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Es_cendol

Bahan-bahan



  1. Bahan cendol
  2. 6 Sdm tepung beras
  3. 2 Sdm tepung tapioka
  4. secukupnya pasta pandan
  5. secukupnya air
  6. Bahan kuah gula merah
  7. 1 batok gula merah ukuran sedang
  8. 1 sendok sayur kecil gula pasir
  9. secukupnya air
  10. Bahan kuah santan
  11. 65 ml santan instan
  12. secukupnya air

  13. sedikit garam

    Langkah






    Cara bikin cendol/dawet : 
    1. campur tepung beras,tepung tapioka,pasta pandan di wadah beri air sedikit" sampai seluruh tepung larut
    2.Didihkan sedikit air di panci,setelah air di panci mendidih,masuk kan larutan tepung yg di buat td (seperti bikin bubur sumsum,cuma ini agak berat adonan x) aduk terus sampai matang (berwarna agak mengkilat)
    3.Setelah adonan cendol matang,siapkan baskom berisi air es,cetak cendol di atas baskom berisi air es (saya cetak x pake saringan karna gak punya cetakan cendol) cara x tinggal taroh adonan cendol di saringan trus tekan" pake sendok nt jatuh sendiri cendol x ke air es
    4.Cara bikin kuah gula merah : didihkan air,sambil menunggu air mendidih serut gula merah,setelah air mendidih masukan serutan gula merah dan gula pasir aduk sampai gula larut,setelah gula larut dan air gula mendidih matikan kompor dan saring air gula merah,biarkan dingin dulu ya baru di gunakan

    5.Cara bikin kuah santan : campur santan instan dan secukupnya air di panci,rebus air santan dgn api kecil sambil terus di aduk agar santan tdk pecah sampai santan mendidih,biarkan dingin dl baru di gunakan

    6. Setelah semua jadi,susun di gelas cendol,air gula merah dan kuah santan,berikan sedikit es batu agar lebih segar dan siap di nikmati

    sumber : https://cookpad.com/id/resep/3472848-dawet-alias-cendol-praktis-no-ribet

     
Itulah Beberapa Makanan Dan Minuman Khas Mojokerto Yang Terkenal Dan Populer Di Indonesia. Gimana Pasti Menarik Untuk Di Coba Dan Rasakan Kenikmatan Nya Bukan? Ya Bagi Kamu Yang Tinggal Di Jawa Timur Jangan Ragu Dan Pusing Untuk Menjelajahi Kuliner Jawa Timur.







 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar